Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Sejarah Makan Kue Bulan

Zhu Yuanzhang 朱元璋 bingung memikirkan bagaimana cara menyatukan rakyat untuk memberontak pada hari yang sama. Oleh karena itu perayaan kue bulan ini menjadi hari raya masyarakat China kedua terbesar setelah hari raya Imlek.


Sejarah 7 Fakta Kue Bulan Yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Konon hingga kini dipercaya bahwa selama pertengahan musim gugur saat bulan bulat penuh dan bersinar benderang tampak siluet bayangan Chang Er yang kemudian dikenal sebagai Dewi Bulan.

Sejarah makan kue bulan. Selain disebut dengan Perayaan Kue Bulan perayaan ini juga disebut sebagai Festival Pertengahan Musim Gugur karena jatuh pada pertengahan musim gugur di China. Tradisi kue bulan ini pun akhirnya menyebar ke seluruh penjuru dunia dan dirayakan oleh seluruh penduduk keturunan Tionghoa bahkan juga yang ada di Indonesia. Sejarah dan Mitos Festival Kue Bulan.

Setelahnya bagian atasnya diberi tanda seperti stempel yang pada umumnya menggunakan simbol atau aksara Tionghoa. Pada hari itu bulan berbentuk bulat sempurna dan bersinar terang bulan purnama. Oleh karena itu perayaan kue bulan ini menjadi hari raya masyarakat China kedua yang terbesar selain dari hari raya Imlek.

Imlek tanggal 14 bulan 8. Sejarah Festival Kue Bulan 1. Tepatnya setiap tanggal 15 bulan 8 penanggalan China.

Tiong Ciu dirayakan pada pertengahan musim gugur. Konon kue ini berjasa dalam kemerdekaan dinasti Yuan di Tiongkok dari kekuasaan Mongolia setelah para pemberontak mengatur perlawanan dengan menyebarkan pesan yang diselipkan dalam kudapan musiman ini. Kue bulan terdiri dari 2 bagian.

Kue bulan secara khusus disebutkan dalam Kronik Dinasti Song Selatan oleh Wu Zhimu. Perayaan ini merupakan salah satu TRADISI PALING PENTING dalam kebudayaan masyarakat Tionghua. Pada zaman dulu orang-orang membagi Hari Raya Zhong Qiu menjadi 3 bagian yaitu.

Konon sejak saat itulah kebiasaan makan kue bulan di Festival Pertengahan Musim Gugur terbentuk. Tanggal 14 bulan 8. Pada masa Dinasti Song 960-1279 M Perayaan Kue Bulan baru mulai terkenal di kalangan rakyat banyak.

Penyebutan paling awal dari kue-kue tradisional ini yang dikenal sebagai yue bing dalam bahasa Cina berasal dari Dinasti Song 960-1279. Tradisi kue bulan ini pun menyebar ke seluruh penjuru dunia dan dirayakan oleh seluruh penduduk keturunan Tionghoa termasuk di Indonesia. Selama masa pemerintahan Kaisar Dinasti Tang Xizong 873-888 kue bulan menjadi makanan suguhan kepada tamu kerajaan.

Tradisi ini lalu berkembang menjadi Festival Kue Bulan mooncake yang diperingati setiap hari ke-15 bulan kedelapan kalender China. Konon kebiasaan makan kue bulan di Festival Pertengahan Musim Gugur dimulai pada Dinasti Tang 618--907 M berlanjut ke. Kue bulan memiliki sejarah panjang selama tiga ribu tahun di Negeri Tirai Bambu.

Di akhir masa Dinasti Yuan bangsa Han ingin mengadakan perlawanan menggulingkan pemerintahan bangsa Mongolia sehingga disusunlah rencana untuk mengadakan pemberontakan. Pada tahun 2012 lalu festival kue bulan jatuh pada tanggal 30 September. Festival kue bulan yang juga disebuta Hari Raya Zhong Qiu Hok Kian.

Ini adalah peristiwa penting dalam sejarah kue bulan. Tradisi makan kue bulan selama perayaan ini sudah dimulai sejak Dinasti Yuan 12711368 sebuah dinasti yang berada di bawah pemerintahan Raja Mongolia. Oleh sebab tradisi makan Kue Bulan pada saat Festival Zhong Qiu dengan cepat tersebar keberbagai kalangan.

Pada masa Dinasti Yuan rakyat Han pada saat itu menentang pemerintahan Mongol dari Dinasti Yuan dan para pemberontak dipimpin oleh Zhu Yuanzhang 朱元璋 merencanakan untuk mengambil alih pemerintahan. Menurut tradisi orang Tionghoa Peh Cun termasuk salah satu dari tiga hari besar orang Tionghoa selain hari raya Imlek dan hari raya Tiong Jiu kue bulan. Setiap penanggalan Imlek tanggal 15 bulan 8 semua orang menikmati indahnya pemandangan bulan purnama sambil makan kue-kue.

Saat-saat dimana para petani tengah merasakan sukacita karena baru saja merayakan hasil panen yang berlimpah. Dalam beberapa tahun terakhir kue bulan menjadi semakin rumit dan ada kue bulan yang sangat mahal. Asal Usul Dari Kue Bulan.

Sebutan lain untuk Festival Mid-autumn ZhongQiu Setiap tahun pada bulan 8 tanggal 15 merupakan hari Festival ZhongQiu. Pada Tahun 2017 ini Festival Kue Bulan jatuh pada tanggal 4 Oktober penanggalan Masehi. Kulit yang lembut itu akan menyelimuti isian yang padat dan kaya rasa kemudian ditekan dalam cetakan yang cantik sebelum dipanggang.

Ada empat hal yang sering dilakukan masyarakat Tiongkok bila merayakan hari ini yaitu membuat dan makan Bacang mendirikan telur dan mengadakan lomba perahu naga Dragon Boat Festival juga Mandi tengah hari. Setiap hari ke-15 pada bulan ke-8 dalam kalender Tionghoa diperingati sebagai Mooncake Festival atau Festival Kue Bulan yang dirayakan warga keturunan Tionghoa di seluruh dunia. Perayaan Kue Bulan adalah sebuah perayaan tradisional China yang ditandai dengan makan kue bulan.

Perayaan Sukacita Panen yang Berlimpah. Setiap tanggal 15 bulan 8 penanggalan Imlek masyarakat Tionghua di seluruh dunia merayakan Festival Kue Bulan. Element Envanto Kue ini telah dimakan di Cina selama berabad-abad.

Konon hingga kini dipercaya bahwa selama pertengahan musim gugur saat bulan bulat penuh dan bersinar benderang tampak siluet bayangan Chang Er yang kemudian dikenal sebagai Dewi Bulan. Disebut Ying Yue Hui 迎月會 maknanya Pesta menyambut kedatangan bulan purnama. Tradisi ini lalu berkembang menjadi Festival Kue Bulan mooncake yang diperingati setiap hari ke-15 bulan kedelapan kalender China.

Di masa Dinasti Tang inilah diyakini sebagai awal dari gelaran Festival Kue Bulan yang disajikan setiap pertengahan musim gugur. Sejarah Festival Kue Bulan. Setiap tahun pada penanggalan Imlek tanggal 15 bulan 8 semua orang menikmati indahnya pemandangan bulan purnama sambil makan kue-kue.

Tradisi membuat dan makan kue bulan kemudian berlanjut pada Dinasti Ming 1368-1644. Keranjingan kue bulan Tidak diragukan lagi kue bulan merupakan sajian utama dalam Mid-Autumn Festival. Jika ditelusuri secara sejarah perayaan ini sudah berlangsung kurang lebih.

Disebut 迎月會Ying Yue Hui pesta menyambut kedatangan bulan purnama.


Kue Bulan Dalam Festival Tengah Musim Gugur Atau Mooncake Festival Grafis Tempo Co


Sejarah Dan Mitos Festival Kue Bulan Cma Mental Arithmetic Indonesia


Mengulik Sejarah Festival Kue Bulan Lebih Dalam Tokopedia Blog


Makanan Ini Sudah Jadi Tradisi Tionghoa Ini Sejarah Dibalik Kue Bulan Sonora Id


9 Fakta Kue Bulan Sejarah Budaya Hingga Legenda


Posting Komentar untuk "Sejarah Makan Kue Bulan"